Powered By Blogger

Senin, Oktober 08, 2012

Pengertian Statistik dan Statistka

Pengertian Statistik dan Statistika
Statistik berasal dari kata state (yunani) yaitu Negara dan digunakan untuk urusan Negara, dengan kata lain STATISTIK adalah rekapiyulasi dari fakta yang berbentuk angka-angka disusun dalam bentuk tabel diagram yang mendeskripsikan suatu permasalahan.

Statistika adalah proses pengumpulan Informasi, pengolahan informasi, dan Proses penarikan kesimpulan. Dalam perkembangannya untuk menyelesaikan suatu masalah dapat digunakan beberapa pendekatan antara lain statistika dalam arti sempit dan statistika dalam arti luas (Sutrisno Hadi, 1994:221).

Statistika dalam arti sempit (Statistika deskriptif) ialah statistika yang mendeskripsikan atau menggambarkan tentang data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram, pengukuran tendensi sentra (rata-rata hitung, rata-rata ukur dan rata-rata harmonic), pengukuran penempatan (median, kuarti, desil, dan persentil), pengukuran penyimpangan (range, rentangan antar kuartil, rentangan semi antar kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku varians, koefisien varians, dan angka baku), angka indeks dan mencari kuatnya hubungan dua varibel, melakukan peramalan (prediksi) dengan menggunakan analisis regresi linier, membuat perbandingan (komparatif).

Statistika dalam arti luas disebut juga dengan statistika inferensial/statistika induktif/statistika probalititas ialah suatu alat pengumpul data, pengolah data, menarik kesimpulan, membuat tindakan berdasarkan analisis data yang dikumpulkan atau statistika yang digunakan mengana-lisis data sampel dan hasilnya dimanfaatkan (generalisasi) untuk populasi.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, STATISTIKA adalah suatu ilmu pengetahuan yang berhubungan data statistik dan fakta yang benar atau suatu kajian ilmu pengetahuan yang dengan teknik pengumpulan data, teknik pengolahan data, teknik pengolahan data, teknik analisis data, penarikan kesimpulan, dan pembuatan kebijakan/keputusan yang cukup kuat alasannya berdasakan data dan fakta yang benar.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar